Penyebab Gampang Sakit Yang Harus Diketahui

By | August 28, 2022

Ruang.kosongin.com Ada banyak sekali penyebab seseorang gampang sakit, mulai dari kondisi imun tubuh hingga faktor gay hidup. Pada dasarnya ketahanan sesorang terhadap penyakit tergantung kepada imunisasi dan kekebalan tubuhnya masing-masing.

Kondisi imun tubuh pun ditentukan oleh banyak faktor, termasuk di antaranya asupan makan, kondisi, kebersihan tubuh Anda, dan fungsi organ tubuh Anda.

Orang dengan imun tubu yang cukup kuat, biasanya tidak mudah sakit serta selalu terlihat enerjik. Bahkan ketika sakit, akan lebih cepat pulih serta gejala yang dialami mungkin tidak seberat orang dengan imun tubuh yang lemah.

Penyebab tubuh gampang sakit

Bagi orang-orang yang gampang sakit, mungkin tidak ada hari yang dilalui tanpa merasakan berbagai keluhan serta gejala yang menganggu. Sakit kepala, batuk, bersin, lemas dan lesu mungkin menjadi hal yang sudah biasa. Untuk mengatasinya. Maka Aanda harus mengetahui terlebi dahulu apa yang menjadi penyebabnya.

1. Kurang Tidur

Penyebab gampang sakit yang pertama ini sering sekali di remehkan, padalah kurang tidur merupakan salah satu kebiasaan buruk yang dapat memicu berbagai penyakit.

Ketika tidur, tubuh Anda akan melakukan berbagai pemulihan. Sistem kekebalan akan melepaskan sitokin yang membantu melawan peradangan serta penyakit. JIka Anda kurang tidur, maka kemampuan alami tubuh untuk melawan infeksi dan virus akan menurun.

Kurang tidur dalam jangka panjang bisa meningkatkan risiko penyakit berbahaya seperti masalah kardiovaskular, diabetes, dan obesitas.

2. Kekurangan nutrisi

Asupan makanan bergizi seimbang menjadi faktor penting untuk menjaga kesehatan tubuh Anda. Di dalam makanan terdapat berbagai nutrisi penting yang diperlukan oleh tubuh agar bisa terus berfungsi dengan baik, termasuk untuk memperkuat imun tubuh.

Kekurangan vitamin D juga sering di kaitkan dengan ketahanan tubuh. Kerurangan vitamin D akan membuat imun tubuh Anda lemah, sementara vitamin D yang cukup bisa menurunkan risiko seseorang terkkena infeksi saluran pernapasan akut.

3. Stres kronis

Tidak hanya kondisi fisik saja, menurunnya kondisi mental juga bisa menjadi penyebab Anda untuk gampang sakit. Stres yang kronis atau berkepanjangan bisa memicu berbagai gangguan kesehatan mulai dari sakit kepala, infeksi berulang, kelelahan, penyakit jantung bahkan depresi.

Tubuh yang menerima banyak stres dapat mudah lelah, mengalami gangguan pencernaan, dan sulit tidur.

4. Gangguan kecemasan

Gangguan kecemasan yaitu sekelompok kondisi kesehatan mental umum dengan gejala utama berupa khawatir dan panik berlebihan. Gnagguan ini juga bisa menyebabkan penyakit berulang seperti: jantung berdebar, ketegangan otot, gemetar, sesak nafas, serta masih banyak lagi yang lainnya.

5. Dehidrasi

Tubuh terdiri dari 60% cairan. Agar tetap berfungsi dengan baik, maka tubuh Anda memerlukan asupan cairan yang memadai. Kekurangan cairan dapat menjadi penyebab gampang sakit, karena penyaluran berbagai nutrisi penting dapat terhambat demikian juga hidrasi pada berbagai organ serta jaringan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.