Macam-macam Investasi Dengan Modal Kecil Namun Menjanjikan

Ruang.kosongin.com- Banyak yang bilang investasi itu sulit. Modalnya harus besar, dan resikonya juga besar, terutama mengenai kehilangan uang.

Padahal, investasi adalah cara paling tepat untuk menumbuhkan uang, bisa dimulai dengan modal kecil, dan bisa dipilih sesuai profil risiko masing-masing.
Berikut ini adalah investasi yang menguntungkan dengan modal kecil:

1. Investasikan properti secara online

Investasi properti identik dengan modal besar atau segepok uang. Investasi properti, seperti rumah, tanah, ruko, apartemen, kondominium, dan lain-lain bisa dilakukan dengan dana Rp 100 ribu.

Investasi properti online adalah cara berinvestasi di properti modal kecil. Contoh investasi properti online yang menguntungkan dengan modal kecil adalah crowdfunding ekuitas properti Crowdfunding ekuitas properti adalah investasi properti bersama dengan investor lain dalam platform atau aplikasi yang menyediakan layanan ini.

Ini adalah investasi properti online yang murah karena tidak membutuhkan modal yang besar seperti membeli properti offline.

Misalnya Anda ingin berinvestasi properti dengan membeli rumah seharga Rp. 1 miliar. Investasikan saja 1% dari harga properti atau Rp. 10 juta. Sisa investasi akan datang dari investor lain. Murah kan?

2. Berinvestasi dalam perabot rumah tangga

Siapa sangka furnitur rumah tangga, seperti furnitur, juga bisa menjadi investasi yang menguntungkan. Furnitur yang Anda beli harus bisa dijadikan sebagai investasi jangka panjang.

Oleh karena itu, pembelian juga harus diperhitungkan dan direncanakan, seperti saat memilih berlian dan mobil mewah. Misalnya furnitur yang terbuat dari kayu jati karena kualitasnya yang sangat bagus.

Walaupun dipakai 10-15 tahun tidak akan pecah begitu saja. Jika Anda tertarik, Anda bisa berinvestasi dalam satu set meja dan kursi.

Keduanya harus dijual, apalagi harga kayu jati semakin mahal. Bisa dipastikan harga furnitur akan naik saat Anda menjualnya.

3. Investasi peternakan

Tidak hanya bisnis sampingan, peternakan juga bisa dijadikan sebagai investasi yang tak kalah menguntungkan. Modal untuk memulai juga terjangkau, sekitar Rp 5 juta.

Keuntungan yang Anda dapatkan dari bisnis dapat dikelola untuk ekspansi. Contoh investasi bisnis peternakan yang baik antara lain lele, ayam, burung, sapi, kambing, udang, itik, belut, jangkrik, kroto (telur semut), hingga lebah madu.

4. Investasi saham

Jika Anda menyukai risiko dan tantangan, maka berinvestasi saham adalah pilihan yang tepat. Anda dapat membeli banyak saham perusahaan, lalu menyimpannya, dan menjualnya saat harganya naik. Dengan begitu, hasil investasi Anda bisa maksimal.

Jika Anda menginginkan investasi saham yang menguntungkan, belilah saham yang memiliki fundamental yang baik. Dilihat dari laporan keuangan, prospek usaha ke depan, kredibilitas dan rekam jejak manajemen.Namun, tetap perhatikan risikonya.

Terus pantau perkembangan harga saham dan pasar saham, agar dapat mengetahui kondisi dan mengambil langkah cepat jika terjadi penurunan atau kenaikan.

5. Investasi reksa dana

Investasi reksa dana merupakan instrumen investasi berisiko rendah yang sangat cocok untuk pemula.

Ada empat jenis reksa dana yang dapat dipilih sesuai dengan profil risikonya, yaitu reksa dana pasar uang, reksa dana pendapatan tetap, reksa dana campuran, dan reksa dana saham.

Jika Anda menginginkan investasi reksa dana yang aman dan menguntungkan, Anda bisa berinvestasi reksa dana secara online. Modal mulai dari Rp. 10 ribu untuk beli reksa dana di situs belanja online atau aplikasi sekuritas penjual reksa dana.

6. Investasi emas

Investasi emas yang menguntungkan saat ini adalah emas online. Beli emas di marketplace atau e-commerce atau simpan emas secara online di aplikasi investasi emas, seperti Antam dan Pegadaian.

Investasi emas murah online. Mulai dari Rp. 5 ribu, bahkan ada yang menawarkan 0,0001 gram emas seharga Rp. 100. Jika Anda berinvestasi emas dalam jangka panjang, dapat memberikan pengembalian hingga 12% per tahun.

7. Investasi antik

Barang antik memang lebih tepat jika dijadikan sebagai koleksi, namun sebagian orang menjadikannya sebagai investasi. Apalagi saat ini kolektor barang antik cukup banyak.
Hal ini membuat harga barang antik menjadi mahal. Satu hal yang perlu diperhatikan, yaitu perawatan barang antik.

Anda harus menjaga kebersihannya dan memperhatikan tempat penyimpanannya, agar barang antik bisa bertahan bertahun-tahun.

You May Also Like

About the Author: Wirna

Leave a Reply

Your email address will not be published.