Cara Investasi Bagi Pemula Dengan Langkah Mudah

Ruang.kosongin.com – Hallo sobat jumpa lagi bersama admin, kali ini admin akan membahas informasi tentang Cara Investasi Bagi Pemula Dengan Langkah Mudah.

Memiliki investasi pribadi di pasar finansial saat ini mungkin sudah menjadi gaya hidup produktif di kalangan anak muda atau pekerja pemula (first jobber).

Investasi tak hanya dilakukan oleh kalangan usia matang.Hal Ini terlihat dari data demografi investor di Indonesia yang semakin banyak didominasi oleh kelompok usia muda milennial.

Jika kalian sudah memiliki keputusan yang bulat dan ingin memulai investasi di pasar modal, coba ikuti panduan cara investasi pasar finansial berikut ini.

Panduan Cara Berinvestasi

Di bawah ini ada beberapa cara berinvestasi yang bisa kalian terapkan sebelum melakukan investasi, langsung saja simak di bawah ini.

1. Miliki Tujuan Keuangan yang Jelas

Langkah yang pertama, jika anda hendak memulai investasi alangkah baiknya untuk mendaftar tujuan keuangan yang akan dicapai melalui investasi.

Dengan memiliki tujuan keuangan, cara investasi yang anda lakukan memungkinkan dapat lebih terarah karena memiliki target dan strategi jelas.

2. Tentukan Instrumen Investasi

Setelah memiliki tujuan keuangan, selanjutnya anda bisa menentukan pilihan instrumen investasi yang tepat sesuai time horizon tujuan keuangan dan profil risiko anda. 

Time horizon sangat penting karena akan mempengaruhi penilaian terhadap risiko sebuah instrumen investasi dan efektivitasnya dalam membantu anda untuk mencapai target dana yang sudah ditentukan.

3. Buka Rekening Investasi

Setelah memiliki rencana tujuan keuangan yang jelas, berikut pilihan instrumen investasinya, saatnya untuk mengeksekusi rencana tersebut. Untuk berinvestasi di pasar modal, kamu wajib memiliki rekening investasi.

Cara membuka rekening investasi sangatlah mudah dan tidak sesulit yang dibayangkan. Anda bisa melakukannya melalui lembaga keuangan yang tepat seperti di perusahaan sekuritas.

4. Jalankan Investasi Secara Disiplin

Dalam berinvestasi, tentunya kamu perlu memiliki strategi yang tepat. Strategi membantu kamu untuk mengoptimalkan modal yang kamu miliki supaya bisa mencapai target investasi sesuai tujuan keuangan.

Misalnya, untuk investasi reksa dana saham, kamu memilih strategi dollar cost averaging (DCA) atau investasi berkala setiap bulan karena kamu tidak memiliki waktu khusus untuk memantau pergerakan pasar saham harian.

5. Pahami Konsep dan Risiko Investasi

Asuransi pada dasarnya sebuah mekanisme pengelolaan risiko finansial yang paling mudah. Setiap hal yang menimbulkan risiko bagi kondisi keuangan seseorang, sebaiknya memang diasuransikan.

Namun, tidak semua hal bisa diasuransikan, tapi setidaknya ada dua jenis Asuransi yang sangat penting untuk dimiliki yaitu Asuransi jiwa dan Asuransi kesehatan.

Akhir Kata

Mungkin hanya itu saja informasi yang bisa kami sampaikan tentang Cara Investasi Bagi Pemula Dengan Langkah Mudah, semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua, terimakasih dan sampai jumpa.

You May Also Like

About the Author: Cinta

Leave a Reply

Your email address will not be published.