4 Pilihan Instrumen Investasi Untuk Persiapan Dana Pendidikan Anak

Ruang.kosongin.com – Hallo sobat, kembali lagi bersama admin, kali ini admin akan membahas 4 Pilihan Instrumen Investasi Untuk Persiapan Dana Pendidikan Anak, simak di bawah ini.

Seperti yang sudah kita ketahui, dana pendidikan anak saat ini harus mulai dipersiapkan sejak dini. terlebih biaya pendidikan setiap tahunnya mengalami kenaikan dan tentu tidak murah.

Biaya pendidikan ini seringkali menjadi kendala bagi para orangtua. Tak heran jika banyak keluarga yang jauh-jauh hari mulai berpikir bagaimana bisa membiayai anaknya hingga pendidikan tinggi.

Namun tidak perlu khawatir, berikut ini ada beberapa jenis produk keuangan dan investasi yang perlu orang tua dan calon orang tua ketahui supaya bisa menyiapkan dana pendidikan dengan baik.

Dana Pendidikan Anak

Ada beberapa macam produk investasi saat ini yang bisa kamu pilih untuk mempersiapkan dana pendidikan anak sejak dini, simak penjelasannya di bawah ini. 

1. Tabungan pendidikan

Jenis tabungan pendidikan berbeda dengan produk tabungan pada umumnya. Produk tabungan pendidikan umumnya merupakan tabungan berjangka dengan keunggulan.

Misalnya bunga lebih menarik, ada tambahan fasilitas seperti asuransi kesehatan atau asuransi jiwa, hingga biaya administrasi yang lebih kecil daripada jenis tabungan biasa.

Pertimbangan orang tua memilih tabungan pendidikan untuk biaya sekolah anak yaitu produk tabungan lebih mudah dipahami, praktis, tidak ribet, uang tabungan terjangkau dan tabungan adalah produk bank yang aman.

2. Logam Mulia Emas

Sejak jaman dahulu kala, nenek moyang kita menyimpan emas yang bisa dicairkan saat dibutuhkan. Cara ini bisa saja diadaptasi untuk memastikan sang anak untuk mendapatkan simpanan dana pendidikan mereka nanti.

Kamu bisa menyimpan emas karena harganya yang cukup stabil dan mudah dijual. Usahakan menyimpan emas dalam bentuk batangan yang memiliki kadar 99 persen.

3. Deposito

Deposito bisa menjadi pilihan untuk menyiapkan dana sekolah anak. Jika kalian mempunyai sejumlah uang maka daripada dimasukkan ke rekening tabungan biasa, lebih baik kamu mendepositokan uang tersebut.

Cara ini dianggap cukup terjamin karena deposito tidak bisa dicairkan sesuai dengan keinginan sendiri dan bunganya cukup bagus jika dibandingkan dengan tabungan konvensional biasa.

4. Reksa Dana

Salah satu cara yang bisa kamu pilih untuk menyiapkan dana pendidikan anak yaitu dengan melakukan investasi reksadana. Reksadana merupakan jenis investasi produk pasar modal yang memberikan keuntungan jangka menengah dan jangka panjang yang menguntungkan.

Bagi orang tua yang masih belum begitu paham tentang investasi, kamu bisa mencoba melakukan investasi kecil-kecilan dengan investasi reksadana. 

You May Also Like

About the Author: Cinta

Leave a Reply

Your email address will not be published.